Selamat Datang Di Blog Laut Kita

Penulis akan sangat berterima kasih jika pembaca bisa berkomentar tentang tulisan ini. Silahkan berikan masukan, kritikan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan tulisan ini.

Jumat, 07 Januari 2011

Kehidupan Bintang Laut

Bintang laut (sea star)  adalah hewan laut dari jenis avertebrata air dalam filum Echinodermata kelas Asteroidea yang berbentuk simetris radial. Walaupun bintang laut sering disebut sebagai starfish bukan berarti hewan ini adalah ikan, karena bintang laut sudah sangat jelas berbeda dengan ikan (bintang laut avertebrata sedangkan ikan adalah vertebrata berdarah dingin, bergerak menggunakan sirip yang umumnya bernafas dengan insang).
Pengelompokan bintang laut juga masih berpedoman bada gambaran manusia terhadap bintang diangkasa yang mempunyai sinar yang terpusat pada piringan utama. Padahal belum tentu bentuk bintang tersebut mempunyai sisi –sisi atau lengan. Seperti pengelompokan bintang laut sejati (Asteroid) dan bintang laut rapuh  (Ophiuroids) yang hanya membedakan pada bagaimana senjata terhubung ke disk pusat. Ophiuroids have arms that do not connect with each other. Ophiuroids memiliki lengan yang tidak terhubung dengan satu sama lain. There is a distinct boundary between arm and central disk. Ada batas jelas antara lengan dan disk pusat. Asteroids have arms that are connected to each other. Asteroid memiliki lengan yang dihubungkan satu sama lain.
Anatomi dan fisiologi bintang laut juga lebih sederhana dibandingkan dengan anatomi dan fisiologi ikan. Sistem pencernaan bintang laut secra umum dimulai dari mulut dan langsung dicerna  di dalam perut pilorus kemudian sisa-sisa makanan dibuang melalui dubur yang terletak dibagian dorsal. Begitu juga dengan sistem Respiration occurs mainly through the tube feet, and through tiny structures called papullae that dot the body surface.rrrrespirasi terjadi terutama melalui kaki tabung, dan melalui struktur kecil yang disebut papullae bahwa titik permukaan tubuh. These papullae are thin-walled projections of the body cavity, reaching through the muscular body wall and into the surrounding water. papullae Ini adalah proyeksi berdinding tipis dari rongga tubuh, mencapai melalui dinding tubuh berotot dan ke dalam air sekitarnya. Oxygen from the water is distributed through the body mainly by the fluid in the main body cavity; the hemal system may also play a minor role. [ 10 ] Oksigen dari air didistribusikan melalui tubuh terutama oleh cairan dalam rongga tubuh utama; hemal mungkin sistem juga bermain waktu juvenil.
Excretion of nitrogenous waste is also performed through the tube feet and papullae, and there are no distinct excretory orEkskresi limbah nitrogen juga dilakukan melalui kaki tabung dan papullae, dan tidak ada organ ekskretoris berbeda. The body fluid contains phagocytic cells called coelomocytes , which are also found within the hemal and water vascular systems. Cairan tubuh mengandung fagositosis sel yang disebut coelomocytes, yang juga ditemukan dalam sistem vaskular dan air hemal. These cells engulf waste material, and eventually migrate to the tips of the papullae where they are ejected into the surrounding water. Ini menelan sel bahan limbah, dan akhirnya bermigrasi ke ujung papullae mana mereka dikeluarkan ke dalam air sekitarnya. Some waste may also be excreted by the pyloric glands and voided with the faeces . [ 10 ] Beberapa limbah mungkin juga dikeluarkan oleh kelenjar pilorus dan voided dengan kotoran. Starfish do not appear to have any mechanisms for osmoregulation , and keep their body fluids at the same salt concentration as the surrounding water.Bintang laut tampaknya tidak memiliki mekanisme untuk osmoregulasi, dan menjaga cairan tubuh mereka pada konsentrasi garam sama dengan air di sekitarnya.

1 komentar:

  1. aq g ngerti... pdhal aq ad tgs.. maklum aq msh kls 6 SD yg msih pingin bnyk tw.. aq blm ngerti istilah2 yg kyk di atas itu...

    BalasHapus